Catatanku Tentang Kota Praha

Saya dan anak

Perjalanan di Musim Semi.

Kota Praha adalah Ibukota negara Chekoslavakia. Praha di dalam bahasa Inggrisnya disebut Prague.

Praha  berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa dan merupakan kota Metropolitan di Chekoslavakia. Walapun memiliki status sebagai kota Metropolitan, kota Praha memiliki tingkat biaya hidup yang relatif rendah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Uni Eropa.

Saya melakukan perjalanan ke Kota Praha ini berdua saja dengan anak perempuan saya yang masih berumur 5 tahun. Kami melakukan perjalanan dari Frankfurt ke Praha naik Bus Euroline dengan perjalanan kurang lebih antara 6-8 jam.

Saya sengaja memilih naik Bus malam supaya bisa sampai pagi di Praha. Kami berangkat jam 10.45 malam dan sampai besoknya jam 6 pagi. Walaupun naik bis, perjalanan lancar dan lumayan nyaman.  Tempat duduknya kurang lebih bus patas seperti Safari Dharma cs di Indonesia. Didalam bus ini tersedia toilet dan akan berhenti sejenak di rest area hampir setiap per 2 jam perjalanan. Dan disini kita juga bisa ke toilet umum walaupun berbayar.

Mata Uang

Negara Cheko tidak menggunakan mata uang euro. Mereka masih menggunakan mata uang mereka sendiri yang bernama Krone. 1€ = 27 Krone (CZK). dan kalau di rupiahkan setara dengan Rp. 600,-

Sebagai orang yang tinggal di Jerman dan memakai uang euro, begitu sampai di terminal Bus Praha kami langsung mencari tempat penukaran uang. Didalam bangunanTerminal Bus yang luas banyak terdapat Money Changer dan semuanya bisa dipercaya. Menurut yang saya baca di Internet, ratenya pun kurang lebih sama saja dengan yang dipusat kota. Jika ingin menarik langsung melalui mesin ATM atau Credit Card ratenya kurang lebih sama dengan nilai penukaran cash di Money Changer.Dan Mesin ATM ada beberapa persis disamping bangunan terminal tersebut .

Didalam bangunan terminal Bus juga banyak disediakan loket-loket penjualan tiket bus ke berbagai jurusan dan ke berbagai negara.

Hotel

Sistem Hotel di eropa umumnya sama. Kita hanya boleh check-in rata-rata pada jam 2 sore keatas. Namun saya sarankan jika memang berkeinginan datang pagi di hotel, sebaiknya informasikan terlebih dahulu atau setidaknya bertanya dulu apa boleh menitipkan dulu barang-barang di reception sampai masa check-in tiba.

Saya sendiri begitu sampai di terminal Bus Praha, setelah check Google dan bertanya ke penduduk lokal, kami memutuskan untuk naik subway ke hotel yang memang sengaja saya pilih tepat berada di pusat kota.

Nama Hotel : City Center Hotel, Alamat Revoluční 4 Prague 1, 11000 Republik Ceko Telepon +420224814650 Faks +420224814702 E-mail hotel@city-centre.cz

Nasib baik kami saat itu, kami diperbolehkan langsung check-in walaupun masih pagi sekali. Katanya sih karena saya travelling dengan balita. hihihi

Dari Hotel ini sangat enak kalau mau kemana-mana. Semua bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Selain sangat dekat dengan Old Town, hotel ini juga paling gampang kalau mau shopping atau sekedar cuci mata ke Mall yang super terkenal dan super besar di negara tersebut.

Cuma ada pengalaman tidak enak disini, saat booking hotel saya tidak cukup teliti untuk melihat apakah wifinya included dalam harga kamar atau tidak. Sehingga saat saya check-in baru ketahuan kalau saya harus membayar extra 3 euro per hari jika ingin memakai wifi di kamar. Dan sambungan wifi ini hanya boleh dipakai untuk satu device saja. Tathering waktu itu tidak diperkenankan. Jadi gaess, telitilah sebelum membeli yaah..

Foto Lebay di Madam Tussaud sambil menunggu hujan reda

Sistem Transportasi

Sistem transportasi di Kota Praha sebenarnya sudah sangat enak. Membeli tiket subway, tram atau bus dapat di beli dengan sistem daily maupun one way. Tiket Oneway bisa dibeli dengan sistem jam jam-an.

Harga ticket full day seharga 110 Czk (Rp. 66.000) berlaku 24 jam. Tiket dengan sistema jam jam-an agak lebih murah. Ada ticket per 30 menit, 90 menit. Tiket yang berlaku per 30 menit itu harganya 24 Czk untuk dewasa dan 12 Czk untuk anak-anak. Semua tiket bisa di beli di kios-kios tempat orang jualan rokok atau majalah di dalam terminal atau stasiun kereta. Mereka semua rata-rata mengerti bahasa inggris.

Sistem ticket disini adalah all in one.

Maksudnya kita cukup beli satu tiket, dan tiket itu bisa kita pergunakan untuk seluruh transportasi umum didalam kota. Naik bus kota, tram dan subway semua cukup menggunakan 1 tiket yang sama.

Ada aturan yang tidak boleh dilupakan saat naik subway disni, yaitu : saat mau naik kereta, tiket yang kalian miliki harus di scan di mesin otomatis yang berwarna kuning di área masuk jalan menuju ruang tunggu kereta. Mesin akan mem-print masa berlaku tiket dan itu harus dibawa saat naik ke kereta karena nanti saat berada di dalam kereta atau turun kereta kadangkala ada pengecekan yang dilakukan oleh petugas security. Kalau tidak bisa menunjukan bukti print ini maka kita akan dikenakan denda dengan biaya 40 € loohhh.. mihil khaaan?

Perbandingan Biaya di Prague

Bagi saya pribadi, biaya jalan-jalan di Prague itu relativ murah jika di bandingkan dengan biaya jalan-jalan di negara eropa barat dan tengah lainnya. Sebagai contoh : Kalau di Jerman saya beli aqua kecil di stasiun kereta itu seharga 1,85 €, kalau di Prague Cuma 20 Czk (74 euro cent). Kalau di Jerman aja  bayar toilet umum biasanya 1€ di Prague cuma 10 cent Czk (duuh nggak bisa ngitung saking murahnya).

Biaya makan minum pun sama aja murahnya. Sangat ramah bagi kantong kita pemegang rupiah dan tentu saja surga bagi pemegang uang euro.

Obyek Wisata wajib kunjung

Disini saya hanya menuliskan 10 obyek wisata wajib kunjung versi saya selama 2 hari dengan kondisi berjalan kaki kemana-mana dan dengan anak gadis saya yang ketika itu berumur 5 tahun.  Dengan catatan saat pulang ke hotel saya selalu naik tram atau subway.

Tujuan Wisata tersebut ;

1.     Old Town Square

2.     Astronomi Clock

3.     Charles Bridge

4.     Praha Castel

5.     Museum-Museum (kalau mau, masuk harus bayar)

6.     Praha Bana (Menara Tua di Prague)

7.     Palladium, mall terbesar dan termegah yang saya sebut diatas. Orang Indonesia pasti kesini.

8.     Old-New Synagoge, perkampungan tua Yahudi

9.     Menara Petrin untuk melihat pemandangan keseluruh kota Prague

10.  Naik Kapal Pesiar menyusuri pesisir kota Prague.

Well, semoga catatan singkat mengenai Kota Praha ini bisa membantu para traveller yang ingin jalan-jalan secara mandiri ke kota Praha.